Cart (0) Close

No products in the cart.

Home Fintech Tancap Gas Kembangkan Uang Digital Yuan, Ini Buktinya!

Tancap Gas Kembangkan Uang Digital Yuan, Ini Buktinya!

China semakin terbuka soal pengembangan uang digitalnya. Terbaru, pemerintah kota Shenzhen mengadakan undian berhadiah uang digital senilai 10 juta yuan atau US$1,5 juta (Rp 21,9 miliar).

Dalam undian ini pemerintah Shenzhen akan memberikan Yuan Digital pada 50.000 orang yang menang undian. Dari ajang ini ada 2 juta penduduk yang ikut mendaftar.

Para pemenang kemudian mengunduh aplikasi renminbi digital untuk menerima Yuan Digital dan membelanjakannya di lebih dari 3.000 pedagang di Shenzhen. Pusat teknologi China selatan ini adalah rumah bagi beberapa raksasa teknologi terbesar seperti Huawei dan Tencent.

Supermarket dan apotek lokal termasuk Walmart, juga berpartisipasi dalam program uji penggunaan Yuan Digital menurut sebuah posting pada aplikasi chatting WeChat,

CNBC

Uji coba ini menunjukkan ambisi besar China untuk jadi negara pertama yang mengeluarkan uang digital. China bercita-cita menjadikan Yuan Digital sebagai alat pembayaran di ekonomi digital dan menggeser dominasi dolar Amerika Serikat (AS) dalam perdagangan dunia.

Yuan digital bukanlah mata uang digital atau cryptocurrency seperti Bitcoin. Mata uang ini tidak terdesentralisasi tetapi dikendalikan oleh bank sental China, People Bank of China (PBoC).

Yuan Digital tidak akan menggantikan dompet digital seperti Alipay atau WeChat Pay tetapi sebagai pendukung dari uang elektronik itu kemungkinan akan bekerja sama dengan perbankan.

Yuan digital China telah dikerjakan selama beberapa tahun terakhir dan hanya ada beberapa uji coba kecil di seluruh negeri. Sejauh ini uji coba di Shenzhen merupakan yang terbesar.

Bank sentral di seluruh dunia sedang menjajaki ide penerbitan mata uang digital. Minggu lalu, Bank for International Settlements dan tujuh bank sentral menerbitkan kerangka kerja untuk mata uang digital bank sentral, atau CBDC.

s.cnbc

Related Post